Pernah Ditawari Masker Naturgo? Pikir Dua Kali Sebelum Membeli

naturgo-asli

Jagad maya lagi-lagi menjadi lahan subur bagi para penjual dan penjaja jasa mencari rejeki, mulai dari fashion, perlengkapan sehari-hari, aksesoris, makanan bahkan kosmetik.

Begitu mudahnya pelanggan memesan barang dan jasa tanpa perlu menggerakan tubuh mereka menjauhi layar komputer atau smartphone di tangan, membuat dengan cekatannya para penjual langsung mampu berinteraksi dengan mereka. Menawarkan produk dan jasa yang hendak mereka jual.

Tapi pernahkah kawan dumay kenal dengan produk yang satu ini atau pernah merasa ditawari produk ini? Masker Naturgo?

Jika anda hobi menggunakan produk yang satu ini untuk diaplikasikan pada bagian wajah anda sebaiknya mulai sekarang hati-hati. Konten iklan yang memperlihatkan bahwa produk tersebut mampu mengangkat komedo hingga jerawat di wajah anda memang benar terjadi, yang perlu anda waspadai bukan khasiatnya namun kelegalan produk tersebut sendiri.

Berawal dari pengalaman sahabat penulis yang kebetulan memesan produk yang diklaim berasal dari Shiseido, masternya produk kecantikan dan kosmetik dari Jepang tersebut secara online. Sebagai seorang yang hobi menonton film anime dan J-Drama otomatis ingatan penulis terlontar pada iklan pembuka episode-episode di J-Drama/anime yang pernah penulis saksikan. Dan Shiseido adalah satu iklan yang kemunculannya sering sekali penulis temukan di sana.

Mengingat bahwa yang mau sahabat penulis pesan adalah salah satu produk yang diakui sebagai turunan dari Shiseido jelas penulis sangat mendukung sahabat penulis untuk memesan, bahkan dengan polosnya penulis sendiri sempat menitip agar sekalian dipesankan satu kotak isi 10 bungkus sebagai stok masker rutin penulis selain yang selama ini saya biasa gunakan.

Singkat cerita datanglah barang yang dimaksud, kebiasaan penulis ketika baru mendapatkan barang pesanan secara direct ataupun online tentu mengecek tanggal kadaluarsa. Betapa kaget karena saya dan sahabat menemukan kejanggalan, yaitu tanggal yang sudah kadaluarsa. Barang dipesan sekitar tanggal akhir November 2016 dan datang sekitar awal Desember 2016 namun betapa kagetnya kami bahwa produk yang kami dapatkan tertera tahun 2016 bulan Juni, meski kaget kami berusaha untuk tidak langsung mengkonfrontasi seller-nya. Kami cek keseluruhan barang yang sempat kami terima dan dari satu produk yang sama yaitu Naturgo terdapat 2 tanggal yang berbeda yaitu yang awalnya bertahun 2016 dan yang satu lagi bertahun 2019.

p61214-085913

Gambar menunjukan di 2 kemasan produk yang sama terdapat 2 tahun yang berbeda yaitu 2016 (di atas) 2019 (di bawah). Lihat bagian yang diberi tanda lingkar elips warna merah.

Karena kami juga tidak ingin sembarangan menggunakan produk tentu kami bertanya kepada seller dan seller awalnya mengelak dengan mengatakan bahwa foto tidak jelas, dsb. sampai berkali-kali kami kirimkan foto yang sama dari sudut yang berbeda-beda dan yang saya pajang ini adalah yang paling jelas. Seller pun akhirnya tidak bisa mengelak lalu mengatakan bahwa itu tanggal produksi.

Hello??? Tanggal produksi di tahun 2019? Sejenak saya pikir bagus produk ini dikirim dari MASA DEPAN!

Karena meskipun kami pojokkan dengan berbagai pertanyaan dan segala tetek bengek mengenai keraguan kami sebagai konsumen, seller tetap tidak bisa menjelaskannya dengan baik mengenai produk yang mereka jual. Baiklah akhirnya kami mencari informasi sendiri dari internet yang tentunya telah menyediakan beberapa informasi yang memang sedang kami butuhkan.

Kami begitu tertohok ketika mendapati bahwa satu blogger mengulas tentang produk ini dan melabelinya dengan kata PALSU. Jadi si blogger ini juga mendapatkan barang dengan tanggal di samping kemasan yang terlihat seperti kadaluarsa dan mencari informasi karena mungkin kejadiannya sama ya? bahwa si seller sendiri tidak bisa memberikan penjelasan yang jelas, lengkap dan tegas tentang produk yang mereka jual.

Kagetnya kami menemukan fakta bahwa masker ini telah dihentikan produksinya oleh pihak Shiseido sejak tahun 1992. Oh my.. waktu umur penulis 0 bulan produk ini sudah tidak diproduksi lagi. Lalu jadi yang sekarang ini beredar itu produk apa ya namanya kalau bukan ilegal?

Jika kurang yakin silakan klik www.shiseido.com (Link legal penjualan produk-produk Shiseido) dan jika anda mengetik masker naturgo di pencarian memang result-nya akan not found karena memang pihak perusahaan Shiseido sudah tidak memproduksi lagi masker ini.

Harga produk-produk yang ditawarkan oleh gerai online asli pun jauh dari kata murah. Berapa sih harga dari kawan kita yang menawarkan Naturgo per bungkusnya? 5.000 rupiah?, 4.000? 3.000? Nope, kami beli besar-besaran pun seller menawarkan diskon untuk kami dengan harga per box dibanderol hanya 17.000 rupiah!

Dengan isi 10 bungkus per box jadi satu bungkus hanya seharga 1.700 rupiah  dari seller kami. Masker Naturgo dari Shiseido yang kami beli dan diklaim produk impor itu cuma seharga 1.700 rupiah per bungkusnya. Jauh dengan harga produk masker-masker yang gerai Shiseido tawarkan.

produk asli.png

Screenshot dari link gerai online Shiseido asli, bahwa masker bawah mata saja seharga sekitar $17,50. Dan itu harga yang paling murah dari semua produk masker keluaran gerai Shiseido legal.

Terbayangkan kenapa masker Naturgo yang sejatinya sudah tidak diproduksi pihak Shiseido-nya ini bisa didapatkan hanya seharga 1.700 rupiah saja persachet-nya? Ya karena mereka semua adalah produk palsu.

Mungkin ya bagi kita yang sempat menggunakan masker ini dan merasakan bahwa komedo dan jerawat kita benar-benar hilang ditarik masker peel off ini berpikir ya tidak ada masalah jika memang khasiatnya terbukti. Namun yang perlu kita waspadai adalah efek jangka panjang setelah mengenakan masker ini yang mungkin baru akan muncul bertahun-tahun kemudian.

Dengan cap ilegal melekat di produk ini dan harga yang super miring, tentunya saya sendiri berpikir apakah bahan-bahan yang terkandung di dalam setiap kemasan masker ini aman untuk kulit wajah? Dengan membuat perbandingan bahwa satu sachet produk masker lain yang beredar di pasaran dan apotek-apotek secara legal saja bisa dibanderol 5.000 – 20.000-an, sementara ini hanya 1.700-an? Jelas ngeri untuk mencoba dan rasanya tidak rela memakai masker peel off ini di wajah saya.

Yah- keputusan untuk tetap pakai atau tidak balik lagi kepada diri kita masing-masing, namun saya berharap dengan review ini bisa akhirnya meminimalisir tindak kejahatan penjualan produk impor ilegal. Jelas sekali saya geram dengan seller-seller nakal atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai barang dagangannya mengeruk keuntungan sebesar-besarnya tanpa memperhatikan kondisi kesehatan para konsumen mereka ke depannya.

Jadi ke depannya sebagai konsumen kita harus berhati-hati terhadap segala macam bentuk penawaran “menggiurkan” yang ternyata nantinya akan membuat kita menyesal ke depannya.

Himbauan Dari BPOM

Jangan terjebak juga dengan perkataan seller yang bilang produk Naturgo Shiseido ini memiliki izin BPOM ya? BPOM sendiri sudah mengklarifikasi. Silakan di cek sendiri kebenaran screenshot berita yang saya temukan.

palsu

palsu-2

Lihat bapak ganteng yang pegang kotak Naturgo di sebelah kiri ya? Itu kan kotak yang sangat familiar buat para konsumen yang pernah terjebak perdagangan masker palsu #eh

palsu-3

Si manis nongol… ^_^ Rasanya tidak mungkin sekali ya masa katanya ada izin BPOM tapi tetap masuk jadi salah satu nominasi di berita tentang kosmetik berbahaya & tanpa IZIN edar?

Hayo?? Masih mau percaya Naturgo Shiseido ada izin BPOM-nya? It’s exactly another bullshit from the seller!

Hati-hati dalam berbelanja di dumay ya? kalau perlu tetap search and research dulu ya tentang barang yang mau kita beli biasanya untuk produk kosmetik tertentu ada review-review yang bakalan memberikan fakta mengejutkan jika barangnya memang ditemukan banyak kejanggalan.

Infokan kepada sahabat, saudara dan keluarga kita yang sudah terlanjur menggunakan produk ini agar mengurangi efek buruk di kemudian hari sebelum menyesal.

16 pemikiran pada “Pernah Ditawari Masker Naturgo? Pikir Dua Kali Sebelum Membeli

  1. Aduh mungkin aku satu dri bnyk org yg tergiur akan iklan …
    Aku pernah gunakan itu.lalu bagaimana skrg mengatasi agar tidak terjadi masalah pada wajah dikemudian harinya ? Karena penggunaan masker tsb…. ada teman saya pun dia hampir rutin (mungkin)….lalu bagaimana ya agar tidak terjadi problem pada wajah dikemudian wktu ? Atau bisa dibilang efek sampingny? Agar saya bisa menyarankan pada tmn saya juga

    Suka

    • Mungkin untuk tahap awal berhenti dulu aja pakai Naturgonya. kemudian sering di detox menggunakan masker dari bahan alami seperti timun, putih telur atau tomat hingga madu. Karena memang sampai saat ini belum ada kasus problem menggunakan Naturgo palsu, paling parah cuma sampai wajah iritasi aja, setelah nggak pakai lagi nggak ada problem lebih lanjut. Perlu uji lab dan uji klinis dulu kayaknya baru bisa ketahuan, berdo’a aja sih ya semoga tidak ada efek sampingnya di kemudian hari. 🙂

      Suka

  2. Shiseido emang udah gx produksi lgi say,,,, tapi sudah ada produksi oleh perusahaan di dalam negri yaitu PT Eka Jaya International namanya produknya hanasui naturgo. ada ijin dari BPOMnya jga loh dengan nomor NA18160200536,
    tapi jga harus teliti dalam membeli y say,, soalnya jga ada versi KWnya

    Suka

    • Terima kasih penjelasannya mbak Desi, tapi tahukah mbaknya bahwa PT Eka Jaya Internasional hanya perusahaan importir barang? Bukan yang memproduksi Naturgo? Perusahaan Shiseido sendiri sudah menegaskan bahwa mereka tidak lagi memproduksi dan MEMBERI IZIN PRODUKSI kepada pihak manapun untuk produk masker Naturgo. Perlu dicari tahu PT Eka ini impor dari mana, atau kalaupun semisalnya memang produksi sendiri pun perlu ditelusuri apa sudah ada izin dari pihak Shiseido Jepang? Tetap saja kalau benar kosmetik yang satu ini banyak hal janggalnya tetap perlu berhati-hati dalam memutuskan mau menggunakan atau tidak, saya pikir masker merk lain yang beredar secara legal dimana-mana sudah mudah ditemui walau mungkin secara harga lebih mahal daripada Naturgo sachetan itu. Tapi setidaknya produk mereka pun lebih terjamin kualitas dan pengawasan oleh BPOM-nya.

      Suka

    • Yang saya tahu Shiseido resmi sudah mengonfirmasi tidak pernah memberi hak lisensi maupun menggunakan tangan ketiga dalam memproduksi produk-produknya. Bisa dicari di gerai resmi Shiseido di mall-mall yang tersebar di Indonesia bahwa mereka menegaskan tidak pernah jual varian Black mask sachetan karena memang tidak ada produksinya.
      Dan maaf sis, saya pernah baca bahwa perusahaan yang sis tulis itu adalah importir, bukan selaku perusahaan produksi.
      Yang perlu ditanyakan adalah importnya darimana? karena Shiseido yang berpusat di Jepang tidak pernah bikin produk masker murah mainstream tersebut.

      Suka

  3. Saya searching dan nemu tulisan ini karena baru aja beli masker naturgo 10 sachet secara online dan tgl expirednya sudah dari 8 bln yg lalu. Isinya berantakan sachet sobek dimana-mana, isinya belepotan kemana mana, baru tahu kalau masker ini bahaya. Thanks infonya sis, bikin tulisan ttg masker yg baik digunakan dong. Sekarang semua masker di label BPOM tp nyatanya tipu tipu

    Suka

    • Sip.. terima kasih kembali jika post saya ini dapat membantu sis dalam menentukan produk perawatan yang tepat dan lebih menyehatkan tentunya. Saya rasa untuk review masker yang baik digunakan sudah banyak dari para beauty blogger lain dan karena saya tidak khusus concern mengulas beberapa produk di pasaran jadi saya putuskan hanya terampil di tulisan tentang berbagai macam informasi saja sis 🙂
      Mungkin lebih baik memang back to nature ya sis untuk perawatan seperti masker wajah, memang agak sedikit ribet dan lama hasilnya, tapi sejatinya dengan kandungan yang mampu dipertanggungjawabkan dan kita sendiri tahu bahan apa saja yang terkandung di masker olahan sendiri maka hasilnya akan lebih natural serta menyehatkan untuk kulit. 🙂

      Suka

  4. Halo, sblmnya saya ga ada maksud apa2 ya.. Cuma murni penasaran aja, makanya nanya 🙂
    Mau tanya, dari awal ga justru curiga karena ada embel2 merk Shiseido? Atau km mungkin sblmnya kurang familiar sama brand Shiseido ini, jadi ga curiga waktu ada produk yg mengklaim merk Shiseido tp harganya super murah?

    Saya murni penasaran.. Benerann deh. Karena waktu pertama kali liat produk ini, sy udah lgsg mikir kalo ini pasti palsu. Jadi gak ngeh kenapa banyak org yg baru sadar ini palsu setelah baca review org lain.

    Mohon pencerahan^^

    Suka

    • Jadi gini ceritanya, saya kurang familiar sama produk Shiseido, saya pikir Shiseido hanya dijual di jepang (terakhiran saya lihat gerai Shiseido asli itu ada di sebuah mall besar di Surabaya). Walaupun saya tahu kalau Shiseido memang concern di produk-produk perawatan wajah (khususnya) dari iklan-iklan di film J-drama ata
      u anime dan baru tau juga saat itu ada teman yang buka online shop kemudian kebetulan diminta carikan Shiseido mask gold dan black mask sachetan tersebut. Produk sudah terbeli waktu itu dan seperti layaknya dia seller OL shop tentu mengecek tgl kadaluarsa terlebih dahulu sebelum dikirim kembali ke pembelinya. Dan terjadi keanehan pada tanggal yang tercantum di kemasan seperti cerita saya itu di blog, jadilah mulai saya cari-cari isu yang terkait dengan produk ini. Jadi baru tau tentang produk palsu ini yang harganya kebangetan murahnya.

      Suka

Tinggalkan komentar